5 Ways to Hide Applications on Android Phones to Maintain Privacy


5 Ways to Hide Applications on Android Phones to Maintain Privacy


Cara mengatasi aplikasi force close di android dapat dilakukan dengan beberapa metode mulai dari restart HP hingga reset ke setelan pabrik. Foto: Canva
How to overcome the force close application on Android can be done using several methods, from restarting the cellphone to resetting to factory settings. Photo: Canva

HOLIDAY NEWS - Smartphone users often have private or secret applications that they don't want other people to access. To protect this information, many people are looking for ways to hide apps on Android phones. 

There are many reasons why someone would choose to hide apps on their phone. Apart from protecting personal data, some people also do it for security or to avoid certain applications being used by other people. 

Even so, it is important to use this feature wisely and not abuse it for detrimental things. So, how do you hide applications on an Android phone? Here's the information. 

How to Hide Applications on an Android Phone

1. Use built-in features

How to hide applications on the homepage and Android application screen can be done using the built-in cellphone features. Here's how, as reported by Fox News. 

Open the Settings app on your phone. Scroll down until you find the option called "Home Screen" and click on it. Here, you will find settings that control the appearance of the home screen. Look for the section labeled "Hide apps on Home Screen and Apps Screen," then tap it. Next, a list of applications on your cellphone will appear. Select the apps you want to hide from view. Once you've finished selecting, confirm by tapping "Done." 

2. Using an Application Hider Application

You can also use third-party applications such as App Hider or Calculator Vault to hide applications with a safer method. These applications usually have interfaces that look like other applications, such as calculators, to mask their true function. 

After downloading the hiding application, you can enter the application you want to hide in it. Hidden applications will disappear from the main screen and can only be accessed through the hiding application. 

3. Utilize a Third Party Launcher

The next way to hide applications on an Android cellphone is to use a third-party launcher. This method can be used if the device does not provide a built-in feature to hide applications. A number of applications that can be used are Nova Launcher or Apex Launcher. 

After downloading the launcher, open the settings and find the option to hide the app. After selecting the apps you want to hide, they will disappear from the home screen and app drawer. 

4. Using the Guest User Feature

The guest user feature on Android allows you to create a separate user account from the main account. Using this guest account, you can hide certain apps from the main account. 

The way to do this is to open the device settings, then select the user or account option, and create a guest account. Install the apps you want to hide only in the guest account, so they won't appear in the main account. 

5. Using Secure Folder

Some Android devices, such as Samsung, are equipped with a secure folder feature. This feature allows you to store important applications and data in a password- or fingerprint-protected folder. 

To use it, go to security settings, enable secure folder, and put the apps you want to hide into it. The app will be hidden and only accessible through a secure folder after you have performed the necessary authentication. 

Please note that each Android cellphone has different settings. It is important to note that the methods above may not necessarily work on your Android cellphone. 

For further information, you can ask customer service or the respective HP manual

HOLIDAY NEWS - Pengguna smartphone sering kali memiliki aplikasi yang bersifat pribadi atau rahasia, yang tidak ingin diakses oleh orang lain. Untuk melindungi informasi ini, banyak orang mencari cara menyembunyikan aplikasi di HP Android.

Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih untuk menyembunyikan aplikasi di ponselnya. Selain untuk melindungi data pribadi, beberapa orang juga melakukannya demi keamanan atau untuk menghindari aplikasi tertentu digunakan oleh orang lain.

Meski begitu, penting untuk menggunakan fitur ini secara bijak dan tidak menyalahgunakannya untuk hal-hal yang merugikan. Lalu, bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di HP Android? Berikut informasinya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

1. Pakai Fitur Bawaan

Cara menyembunyikan aplikasi di beranda dan layar aplikasi Android bisa dilakukan menggunakan fitur bawaan HP. Berikut adalah caranya dilansir dari Fox News.

    Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Gulir ke bawah hingga menemukan opsi bernama "Layar Utama" dan klik opsi tersebut. Di sini, Anda akan menemukan pengaturan yang mengatur tampilan layar utama. Cari bagian yang berlabel "Sembunyikan aplikasi di Layar Utama dan Layar Aplikasi," lalu ketuk. Selanjutnya, daftar aplikasi yang ada di ponsel Anda akan muncul. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari pandangan. Setelah selesai memilih, konfirmasikan dengan mengetuk "Selesai." 

2. Menggunakan Aplikasi Penyembunyi Aplikasi

Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti App Hider atau Calculator Vault untuk menyembunyikan aplikasi dengan metode yang lebih aman. Aplikasi ini biasanya memiliki antarmuka yang terlihat seperti aplikasi lain, misalnya kalkulator, untuk menutupi fungsinya yang sesungguhnya.

Setelah mengunduh aplikasi penyembunyi tersebut, Anda dapat memasukkan aplikasi yang ingin disembunyikan ke dalamnya. Aplikasi yang disembunyikan akan hilang dari layar utama dan hanya dapat diakses melalui aplikasi penyembunyi tersebut.

3. Memanfaatkan Launcher Pihak Ketiga

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Android selanjutnya adalah dengan memanfaatkan launcher pihak ketiga. Cara ini bisa dilakukan apabila perangkat tidak menyediakan fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi. Sejumlah aplikasi yang bisa dimanfaatkan yakni Nova Launcher atau Apex Launcher.

Setelah mengunduh launcher tersebut, buka pengaturannya dan temukan opsi untuk menyembunyikan aplikasi. Setelah memilih aplikasi yang ingin disembunyikan, aplikasi tersebut akan hilang dari layar utama dan laci aplikasi.

4. Menggunakan Fitur Pengguna Tamu

Iklan

Fitur pengguna tamu di Android memungkinkan Anda membuat akun pengguna terpisah dari akun utama. Dengan menggunakan akun tamu ini, Anda dapat menyembunyikan aplikasi tertentu dari akun utama.

Caranya adalah dengan membuka pengaturan perangkat, kemudian pilih opsi pengguna atau akun, dan buat akun tamu. Instal aplikasi yang ingin Anda sembunyikan hanya di akun tamu, sehingga aplikasi tersebut tidak akan muncul di akun utama.

5. Menggunakan Folder Aman

Beberapa perangkat Android, seperti Samsung, dilengkapi dengan fitur folder aman atau secure folder. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyimpan aplikasi dan data penting dalam folder yang dilindungi oleh kata sandi atau sidik jari.

Untuk menggunakannya, buka pengaturan keamanan, aktifkan folder aman, dan masukkan aplikasi yang ingin disembunyikan ke dalamnya. Aplikasi tersebut akan tersembunyi dan hanya dapat diakses melalui folder aman setelah Anda melakukan otentikasi yang diperlukan.

Perlu diketahui bahwa setiap HP Android memiliki pengaturan yang berbeda-beda. Penting diperhatikan cara-cara di atas belum tentu bisa dilakukan di HP Android Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menanyakan pada bagian customer service atau buku panduan HP masing-masing.

Post a Comment