Cara Pasang Iklan di Google Adsense dan Persiapannya
HOLIDAY NEWS - Google AdSense atau iklan Google merupakan salah satu cara beriklan yang menampilkan campaign produk di laman Google.
Cara pasang iklan di Google Adsense pun tidak sulit. Semua pengguna bisa menjangkaunya asal mempersiapkan iklan yang ingin ditayangkan dan bayaran untuk penayangan iklan tersebut.
Agar lebih mengetahui cara mempersiapkan dan memasang iklan di Google Adsense, berikut informasinya untuk Anda.
Persiapan Iklan
Sebelum memutuskan untuk memasang iklan di Google Adsense, Anda harus mempersiapkan beberapa hal.
Pertama, tentukan tujuan iklan. Nantinya saat mengakses Google Adsense akan muncul tujuan iklan. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan sejak awal sebelum memutuskan beriklan.
Beberapa tujuan iklan seperti meningkatkan penjualan, mendorong pelanggan untuk melakukan tindakan, mendorong pelanggan untuk mengunjungi web, hingga mendorong pelanggan untuk mengunjungi lokasi fisik toko. Silakan tentukan tujuan beriklan Anda sesuai output yang diharapkan.
Selanjutnya, tentukan jenis campaign yang ada di Google Adsense, Penentuan jenis campaign ingin bisa disesuaikan dengan tujuan Anda beriklan.
Terakhir sebelum beriklan, atur budget dan lakukan riset kata kunci. Kata kunci harus berkaitan dengan isilah yang mungkin terpikirkan saat orang mencari apa yang Anda jual atau tawarkan. Lakukan riset terkait kata kunci yang pas untuk iklan Anda.
Cara Pasang Iklan di Google Adsense
Setelah mempersiapkan iklan, berikut ara pasang iklan di Google Adsense yang bisa diikuti.
1. Buka Google Adsense
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Google Adsense. Setelah masuk di lamannya, silakan klik opsi Get Started. Jika sudah, Anda akan diarahkan untuk menyiapkan akun. Lakukan registrasi sesuai petunjuk yang ada.
2. Pilih Tujuan Iklan
Langkah berikutnya adalah menentukan tujuan iklan. Simak dengan baik opsi tujuan iklan yang ditampilkan. Silakan sesuaikan dengan output yang diharapkan ketika iklan tersebut tayang di laman Google. Setelah itu, klik tujuan iklan yang Anda inginkan.
3. Tentukan Tipe Campaign
Setiap jenis iklan Google Ads dirancang untuk mencapai tujuan spesifik. Oleh karena itu, Anda akan diarahkan untuk menentukan tipe campaign yang diinginkan.
Ada 6 tipe campaign, di antaranya, search, performance max, display, discovery, shopping dan video. Tentukan bentuk iklan yang Anda inginkan.
Pertimbangan untuk tipe campaign bisa diambil berdasarkan bentuk produk dan tujuan yang ingin dicapai. Jika sudah memilih tipe campaign, selanjutnya klik continue.
4. Pilih Lokasi Penayangan
Di tahap ini, Anda perlu memilih lokasi penayangan iklan, seperti Search Network atau Display Network.
Iklan
Search Network memungkinkan iklan ditampilkan di hasil pencarian Google dan layanan Google lainnya, sementara Display Network menampilkan iklan di platform non-Google, seperti aplikasi dan situs web pihak ketiga. Setelah membuat pilihan, gulir ke bawah untuk mengisi pengaturan selanjutnya.
5. Pilih Target Audiens
Berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih target audiens. Tentukan audiens yang ingin dijangkau, termasuk lokasi negara, bahasa, dan lain-lain.
Hati-hati dalam memilih target audiens di Google Ads, karena pengaturan ini akan mempengaruhi seberapa efektif iklan Anda muncul di depan audiens yang relevan dan berkontribusi pada keberhasilan campaign pemasaran.
6. Tentukan Budget
Langkah selanjutnya adalah pilih opsi budget yang ada. Di Indonesia, anggaran minimum yang diperlukan adalah Rp50.000, meskipun angka ini dapat bervariasi tergantung negara yang Anda targetkan.
Di bawah tab Budget, terdapat opsi Bidding, yang merupakan anggaran untuk mengiklankan kata kunci tertentu berdasarkan fokus tertentu, seperti klik atau tampilan.
Google Adsense akan mengatur penayangan iklan Anda sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. Jika anggaran terlalu rendah, iklan Anda mungkin jarang muncul, dan sebaliknya.
7. Masukkan Keyword
Selanjutnya, masukkan kata kunci yang telah Anda teliti sebelumnya dalam persiapan untuk memasang iklan di Google.
Jika merasa bingung, Anda bisa mengklik tombol "Get Keyword Suggestion" untuk mendapatkan berbagai rekomendasi kata kunci yang relevan.
8. Buat Iklan
Setelah keyword selesai, Anda akan masuk ke halaman pembuatan iklan. Silakan buat iklan untuk produk Anda.
Di halaman ini, pengguna dapat mengatur headline, deskripsi, dan tombol CTA sesuai keinginan. Setelah itu, lihat perkiraan tampilan iklan melalui tab Preview.
9. Lakukan Pembayaran
Terakhir, konfirmasi pembayaran dan selesaikan transaksi. Isi informasi pembayaran yang diperlukan, seperti negara penagihan, zona waktu, kode promo, dan data pelanggan.