Translate
Basuki Ungkap Bukti Pembebasan Lahan Sodetan Ciliwung Mandek 5 Tahun

Basuki Ungkap Bukti Pembebasan Lahan Sodetan Ciliwung Mandek 5 Tahun

Basuki Ungkap Bukti Pembebasan Lahan Sodetan Ciliwung Mandek 5 Tahun


Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembebasan lahan yang mandek oleh Pemprov DKI Jakarta membuat proyek penangkal banjir Jakarta jadi mandek pembangunannya. Dia bilang proyek penanganan banjir Jakarta selama hampir 5 tahun sempat jalan di tempat.

Bahkan, Basuki bilang selama 5 tahun pihaknya sama sekali tak menganggarkan satu rupiah pun pada DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Kementerian PUPR untuk program pengendalian banjir Jakarta karena tak ada pembebasan yang dilakukan.

Hal ini diungkapkan oleh Basuki merespons pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bilang proyek Sodetan Ciliwung harus dibangun hingga belasan tahun karena masalah pembebasan lahan yang terhenti.

"Benar itu (pembebasan lahan membuat proyek mandek). Kalau mau bukti ya, DIPA PUPR selama hampir 5 tahun itu nol, untuk semua pengendalian banjir di Jakarta. Karena nggak ada pembebasan lahan," ungkap Basuki di Kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (31/7/2023).

Bukan cuma Sodetan Ciliwung saja, Basuki bilang tidak adanya pembebasan lahan yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta membuat normalisasi Kali Ciliwung juga mandek. Dari 33 kilometer, sampai sekarang masih bersisa 17 kilometer yang belum dibangun.

"Makanya kan (normalisasi Kali Ciliwung) masih 17 kilometer, dari 33 kilometer baru dibuatnya 16 kilometer. Masih 17 kilometer lagi," sebut Basuki.

Basuki bilang proyek penangkal banjir Jakarta mulai lancar dilakukan setelah pembebasan lahan mulai kembali dilakukan. Dalam hal ini dia sempat menyinggung Pj Gubernur Heru Budi Hartono yang berhasil melakukan pembebasan lahan dengan cepat.

"Sekarang dimulai sama pak Heru, diupayakan pembebasan lahannya kami baru alokasikan," sebut Basuki.

Sebelumnya, Jokowi mengungkap penyebab sempat mangkraknya proyek Sodetan Ciliwung di Jakarta Timur yang diresmikannya hari ini. Jokowi mengatakan penyebabnya adalah persoalan pembebasan lahan.

Jokowi mengatakan kala itu kegiatan pengeboran proyek Sodetan Ciliwung terpaksa dihentikan lantaran Pemprov DKI Jakarta tidak menyelesaikan persoalan pembebasan lahan. Sebagai informasi proyek tersebut sempat mangkrak 6 tahun sebelum akhirnya dilanjutkan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Pembebasan lahan. Karena memang pekerjaan ini sangat tergantung pada pekerjaan lahan. Sehingga saat itu kegiatan pengeboran terhenti karena pembebasan tanahnya tidak diselesaikan oleh Pemprov DKI," kata Jokowi usai meresmikan Sodetan Ciliwung di kawasan Bidara Cina, Jakarta Timur.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Next

نموذج الاتصال