Translate
Tiga Orang Ini Tak Butuh Paspor untuk ke Luar Negeri

Tiga Orang Ini Tak Butuh Paspor untuk ke Luar Negeri

Tiga Orang Ini Tak Butuh Paspor untuk ke Luar Negeri


Foto: REUTERS/Kevin Lamarque

Jakarta - Paspor menjadi identitas penting yang dibutuhkan traveler bila ingin bertandang ke luar negeri. Namun tiga orang ini, tak butuh paspor dan layanan imigrasi.
Tiga orang istimewa di dunia ini tak butuh paspor bila ingin datang ke suatu negara. Mereka adalah Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako dari Jepang, dan Raja Charles III dari Inggris.

Aturan spesial ini sebelumnya juga berlaku bagi pendahulunya atau raja-raja sebelumnya, termasuk Ratu Elizabeth II. Raja Inggris yang berkuasa memiliki dokumen yang dikeluarkan atas nama mereka, memastikan perjalanan internasional tanpa kerumitan.


Namun, keuntungan perjalanan ini tidak berlaku untuk anggota keluarga mereka. Bahkan, Permaisuri Camilla, istri Raja Charles III, masih memerlukan paspor diplomatik untuk perjalanan luar negerinya.


Raja Charles ( Foto: Hugo Burnand/Royal Household 2023/REUTERS)



Kaisar Jepang Naruhito (Foto: Rodrigo Reyes Marin/Pool Photo via AP)

Sementara itu, di Jepang instruksi Kementerian tahun 1971 mengatur tidak diperlukannya paspor untuk kaisar dan permaisuri. Alasannya, tidak patut membuat keturunan langsung Dewi Matahari Amaterasu melalui prosedur imigrasi secara umum seperti manusia biasa.

Sama juga seperti di Inggris, dispensasi ini eksklusif untuk raja, tidak berlaku untuk keluarga Kekaisaran Jepang.

Tentu saja dengan adanya 'jalur khusus' ini membutuhkan pengaturan perjalanan dan koordinasi terperinci antara pejabat tingkat tinggi dari negara-negara yang terlibat.

Sir Clive Alderton, sekretaris pribadi Raja Charles III yang sudah lama menjabat, bertanggung jawab atas logistik perjalanan kerajaan Inggris. Di Jepang, Kementerian terlebih dahulu memberi tahu negara tujuan tentang kedatangan pasangan kerajaan.


Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Next

نموذج الاتصال