Begini Cara Google Perkuat Keamanan dan Inklusivitas dalam Pembelajaran Digital
HOLIDAY NEWS – Salah satu fitur keamanan utama yang akan segera diluncurkan adalah pengaturan baru untuk siswa di Google Chat. Dalam beberapa bulan ke depan administrator akan dapat membatasi siswa dari memulai pesan langsung dan membuat ruang obrolan. Langkah ini bertujuan untuk menciptakan cara yang lebih aman dan mudah bagi guru untuk berkomunikasi dengan siswa mengurangi risiko penyalahgunaan platform komunikasi.
Google juga meningkatkan kontrol keamanan di Admin Console. Fitur persetujuan multi-pihak kini tersedia memungkinkan administrator untuk mewajibkan persetujuan tambahan dari administrator lain untuk menyelesaikan tindakan sensitif seperti mengubah pengaturan verifikasi dua langkah.
Selain itu administrator sekarang dapat secara proaktif memblokir perangkat seluler yang disusupi menggunakan akses berbasis konteks. Langkah-langkah ini secara signifikan meningkatkan keamanan data dan kontrol akses dalam lingkungan pendidikan.
Dari sisi aksesibilitas Google memperkenalkan tema gelap untuk aplikasi seluler Google Classroom. Fitur ini akan segera tersedia di Android dan iOS membantu mengurangi ketegangan mata terutama saat menggunakan perangkat dalam kondisi cahaya rendah atau di malam hari.
Untuk mendukung pengajaran menulis tangan Google menambahkan 51 keluarga font tulisan tangan baru ke Google Fonts dan Google Workspace for Education. Font-font ini didasarkan pada penelitian tulisan tangan dan mencakup jenis huruf yang dirancang untuk anotasi instruksi dan catatan siswa. Inisiatif ini bertujuan untuk membuat pengajaran dan pembelajaran tulisan tangan lebih inklusif dan efektif dalam lingkungan digital.
Dengan peningkatan ini Google menunjukkan komitmennya untuk menciptakan lingkungan pembelajaran digital yang tidak hanya canggih tetapi juga aman dan inklusif. Fokusnya adalah memastikan bahwa teknologi pendidikan dapat diakses dan bermanfaat bagi semua siswa dan pendidik terlepas dari kebutuhan atau preferensi individu mereka.