Google Meet Luncurkan Fitur AI Baru, Bikin Ringkasan Otomatis Saat Meeting
Google Meet kini hadir dengan fitur baru yang akan membuat rapat jadi lebih praktis. Fitur bernama “take notes for me” ini menggunakan teknologi AI, Gemini AI, untuk mencatat dan membuat ringkasan otomatis dari poin-poin penting yang dibahas selama rapat.
Cara Kerja Fitur Ringkasan Gemini AI di Google Meet
Saat meeting berlangsung, akan ada tombol tools berwarna ungu-biru, AI yang terletak di pojok kanan atas. Pengguna bisa segera mengakses fitur tersebut dan mengaktifkannya untuk membuat catatan ringkasan. Ringkasan tersebut nantinya akan disimpan dalam bentuk Google Doc di Google Drive oleh host meeting.
Setelah rapat selesai, dokumen ini bisa langsung dikirim ke semua peserta atau ditambahkan ke acara kalender, sehingga semua orang dapat dengan mudah mendapatkan informasi penting tanpa perlu mencatat secara manual. Jika fitur rekaman rapat dan transkrip diaktifkan, dokumen ini juga akan menyertakan tautan ke rekaman dan transkrip tersebut.
Fitur ini awalnya akan tersedia untuk pelanggan Google Workspace dengan add-on khusus, seperti Gemini Enterprise, Gemini Education Premium, dan AI Meetings & Messaging. Untuk saat ini, fitur ini hanya mendukung bahasa Inggris dan digunakan di komputer atau laptop. Namun, Google berencana untuk terus mengembangkan fitur ini agar bisa digunakan lebih luas ke depannya.
Apa yang dilakukan Google ini telah menjadi strategi Google untuk memasukkan lebih banyak teknologi AI ke dalam produk dan layanan mereka, termasuk di aplikasi Google Workspace dan perangkat Android. Dengan bantuan AI ini, Google berharap bisa membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat selesai. Tentunya kita harapkan fitur serupa juga bisa dicontoh oleh beberapa paltform meeting lain, untuk memudahkan pengguna membuat ringkasan.
0 Comments