Elon Musk: SpaceX's Starlink Supports Communications in Gaza

Elon Musk: SpaceX's Starlink Supports Communications in Gaza

Elon Musk said on Saturday (28/10/2023) that SpaceX's Starlink would support communications links in Gaza with "internationally recognized aid organizations", prompting Israel's communications minister to say the Zionist State would oppose such a move. 

Musk said in a post on the social media platform

Phone and internet blackouts isolated people in the Gaza Strip from the outside world and each other on Saturday, making calls to loved ones, ambulances or colleagues elsewhere impossible as Israel expanded its air and ground strikes. 

International humanitarian organizations said the power outage, which began on Friday evening, worsened an already desperate situation by hampering life-saving operations and preventing contact with their staff on the ground. 

SpaceX did not immediately respond to a Reuters request for comment on how it would ensure Starlink connections were used by aid organizations and not by the Palestinian militant group Hamas, which controls the Gaza Strip. 


Elon Musk: Starlink SpaceX Mendukung Komunikasi di Gaza

Elon Musk mengatakan pada Sabtu, (28/10/2023) bahwa Starlink SpaceX akan mendukung hubungan komunikasi di Gaza dengan "organisasi bantuan yang diakui secara internasional", yang mendorong menteri komunikasi Israel mengatakan Negara Zionis itu akan menentang tindakan tersebut.

Musk mengatakan dalam sebuah postingan di platform media sosial X bahwa tidak jelas siapa yang memiliki otoritas untuk jalur darat di Gaza, namun kita tahu bahwa "tidak ada terminal yang meminta sambungan di wilayah itu".

Pemadaman telepon dan internet mengisolasi orang-orang di Jalur Gaza dari dunia luar dan satu sama lain pada hari Sabtu, sehingga panggilan ke orang-orang terkasih, ambulans atau kolega di tempat lain menjadi mustahil karena Israel memperluas serangan udara dan daratnya.

Organisasi-organisasi kemanusiaan internasional mengatakan pemadaman listrik, yang dimulai pada Jumat malam, memperburuk situasi yang sudah menyedihkan karena menghambat operasi penyelamatan jiwa dan mencegah kontak dengan staf mereka di lapangan.

SpaceX tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters tentang bagaimana mereka akan memastikan koneksi Starlink digunakan oleh organisasi bantuan dan bukan oleh kelompok militan Palestina Hamas, yang menguasai Jalur Gaza.

Post a Comment